15 Teknik Membuat Iklan Menarik Pembeli Untuk Berbelanja

Teknik membuat Iklan adalah sebuah pesan atau informasi mengenai produk barang atau jasa agar pembeli terpikat untuk membeli atau menggunakan jasa anda. Ada banyak sekali media untuk beriklan salah satunya yang paling sering digunakan dijaman online sekarang yaitu google ads, facebook ads, endorse instagram dll. Yang isi iklan disampaikan kepada masyarakat melalui media baik cetak, elektronik mau pun internet. Tujuannya agar masyarakat tertarik pada produk yang ditawarkan dan mengubah keputusan mereka untuk membeli produk tersebut. Di sinilah pentingnya mengetahui cara membuat iklan yang menarik bagi masyarakat, agar bisa mempengaruhi mereka.

Iklan memiliki peranan sangat penting, banyak produk yang sukses branding di pasaran karena kekuatan iklan yang dibuat. Sehingga bisa dipastikan iklan menjadi alat komunikasi yang paling penting bagi perusahaan dengan masyarakat. Karena memang fungsi iklan memberi informasi, membujuk, mengingatkan, dan mendukung promosi perusahaan, simak ulasan berikut.

Pentingnya Membuat Iklan Yang Menarik

Membuat iklan yang menarik memiliki peranan penting dalam mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat sebagai konsumen. Pentingnya membuat iklan sebuah produk yang menarik adalah:

  1. Memancing audience, dengan iklan yang menarik mudah memancing audience ingin mengetahui lebih dalam mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Hemat biaya untuk iklan, dengan iklan yang menarik biaya iklan bisa ditekan.
  3. Efisien waktu, dengan membuat iklan produk anda menarik, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan konsumen jadi sangat pendek, lebih efisien.
  4. Penjualan meningkat, ini adalah hal yang paling diharapkan dari sebuah iklan, penjualan akan meningkat pesat bila iklan anda menarik.

Melihat pentingnya iklan menarik untuk sebuah produk, maka anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat iklan yang menarik, seperti ulasan bawah ini.

Cara Membuat Iklan Yang Menarik

Berikut adalah cara membuat iklan yang menarik hati target konsumen anda, yang bisa diterapkan untuk iklan produk anda, perhatikan langkah-langkahnya:

1. Tahu Siapa Konsumen Produk Anda

Sebelum melakukan apa-apa, anda perlu mengetahui target konsumen produk atau bisnis anda, agar iklan yang dibuat bisa tepat sasaran. Jika anda mengetahui siapa konsumennya, pasti anda bisa membayangkan informasi apa yang mereka butuhkan agar bisa mempengaruhi mereka. Lakukan riset tentang konsumen produk yang anda iklankan, agar anda bisa mengetahui poin paling penting yang akan anda tuangkan dalam iklan anda.

2. Buat Judul Deskriptif Yang Menarik

Judul akan sangat berpengaruh terhadap keputusan seseorang untuk memperhatikan atau mengacuhkan iklan anda. Oleh sebab itu judul dengan deskripsi yang menarik, akan membuat masyarakat tergoda untuk melihat iklan anda. Headline adalah yang dibaca terlebih dahulu sebelum melirik isinya, jika headline menarik, maka kemungkinan besar konsumen akan tertarik membaca iklan anda.

3. Maksimalkan Isi Iklan Dengan Deskripsi Produk

Jangan membahas hal yang tidak penting, karena merupakan pemborosan biaya iklan. Tunjukkan manfaat atau keuntungan jika konsumen membeli produk kita, poin-poin utama yang menjadi perhatian konsumen.

4. Tampilkan Gambar Produk Yang Menarik

Satu poin penting yang menjadi perhatian konsumen adalah, gambar produk itu sendiri (jika barang). Namun jika jasa anda harus bisa menampilkan gambar yang mendeskripsikan keunggulan jasa yang anda berikan. Misal jasa catering, tampilkan contoh layanan catering anda pada sebuah acara, meliputi dekor, menu dan lain sebagainya.

5. Berikan Penawaran Menarik

Penawaran adalah cara membuat iklan yang menarik konsumen membeli produk anda. Tidak ada salahnya memberi penawaran menarik seperti diskon, bonus, garansi atau lainnya. Konsumen pasti akan mencari nilai lebih saat akan memberi sebuah produk, missal free ongkir, potongan harga, bonus poin dan sebagainya. Namun jangan lupa anda harus memperhitungkan laba dan ruginya secara matang sebelum memberikan penawaran.

6. Tampilkan Testimoni Pengguna Produk

Masyarakat atau konsumen akan mudah terpengaruh dengan testimoni pelanggan yang sudah menggunakan produk anda. Mereka akan lebih percaya pada orang yang telah membuktikan kualitas dari produk anda daripada omongan anda dalam iklan. Hal itu wajar, karena mereka berfikir bahwa testimoni pengguna bersifat lebih objektif dalam membicarakan keunggulan sebuah produk.

7. Bicarakan Tentang Keunggulan Produk

Dalam iklan anda jangan terlalu bayak topik yang dibicarakan, cukup bicarakan tentang keunggulan produk anda saja. Karena konsumen akan lebih tertarik menyimaknya, sampaikan apa manfaat yang akan mereka dapatkan dengan membeli produk anda. Dengan demikian akan membantu mereka mengambil keputusan membeli dengan cepat.

Baca juga : 15 Langkah Mudah Memulai Bisnis yang Sukses dan Tepat Sasaran

8. Sertakan Alamat Dengan Jelas

Alamat kantor dan toko serta kontak anda yang bisa dihubungi adalah informasi penting bagi konsumen. Bagaimana anda berharap mereka bisa membeli produk anda jika anda tidak memberi tahu kepada mereka cara menghubungi anda. Maka dari itu penting menyertakan informasi alamat dan kontak dalam iklan yang anda buat, agar konsumen mudah menghubungi anda.

9. Gunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami

Penggunaan Bahasa yang mudah dipahami akan lebih menarik bagi konsumen, karena mereka tidak butuh waktu untuk mencerna kalimat dalam iklan anda. Informasi akan lebih cepat sampai kepada konsumen.

10. Membuat Detail Iklan Yang Menarik

Cara membuat iklan yang menarik adalah dengan memperhatikan semua detail dalam iklan. Detailnya meliputi, kombinasi warna, penulisan, jenis font, gambar dan lainnya harus benar-benar dibuat menarik. Agar konsumen tidak bisa mengabaikan iklan produk anda, dan menyempatkan waktu melihat iklan tersebut.

11. Berikan Jaminan Uang Kembali

Untuk produk yang terbilang baru, jaminan uang kembali akan sangat efektif menarik konsumen untuk mencoba barang anda. Konsumen biasanya takut-takut untuk mencoba barang baru karena khawatir mereka akan membuang uang dengan produk yang tidak memuaskan. Jika anda yakin dengan kualitas produk anda, jaminan uang kembali akan membuat konsumen tidak khawatir mencoba produk anda.

12. Buatlah Tampak Mendesak, Agar Segera Membeli

Maksud dari membuat tampak mendesak adalah, buat lah iklan seolah produk anda sangat terbatas, tidak diproduksi dalam jumlah banyak. Selain itu penawaran menarik yang anda buat hanya berlaku sekarang, tidak lain kali. Dengan begitu konsumen yang melihat akan segera bertindak untuk membeli produk anda sekarang juga, tanpa harus menunda lagi. Hal itu karena mereka takut kehabisan produk anda.

13. Pilih Media Yang Tepat Sesuai Sasaran

“Posisi menentukan prestasi” ungkapan itu masih relevan dalam hal ini, karena pemilihan tempat atau media memasang iklan akan mempengaruhi hasilnya. Pilihlah media yang tepat agar iklan anda tersampaikan pada sasaran yang tepat, misal:

  • internet, media ini cocok untuk sasaran konsumen anak muda hingga usia pertengahan dewasa yang melek teknologi.
  • koran, media ini cocok untuk orang dengan usia lanjut, pensiunan yang mengikuti berita lewat koran.
  • majalah, media ini sasarannya bisa lebih spesifik lagi, karena majalah punya segmen sendiri untuk masing-masing majalah.

14. Buat Iklan Produk Anda Berbeda Dengan Lainnya

Anda harus berusaha mencari ide segar dan membuat iklan anda berbeda dengan lainnya, agar bisa menarik siapa pun yang melihatnya. Maka dari itu ide membuat iklan sangat mahal harganya, karena harus mencari sesuatu yang berbeda dan belum ada.

15. Berikan Garansi Produk

Konsumen pasti tidak akan khawatir lagi mencoba produk anda, jika anda memberikan garansi pada mereka. Apalagi jika produk anda barang elektronik yang bisa rusak, garansi produk sangat diperlukan untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen untuk membeli.

Demikian cara membuat iklan yang menarik, yang bisa anda coba dalam membuat iklan produk perusahaan anda.

Leave a Comment