Bermacam Jenis Usaha Online Rumahan Yang Patut Dicoba

Kali ini inves.id akan mencoba mengulas sebuah bisnis rumahan secara online yang dapat dilakukan oleh siapa saja yang memang memiliki rutinitas didalam rumah saja termasuk ibu rumah tangga, pelajara maupun mahasiswa yang sedang libur dan tidak memiliki kegiatan pembelajaran. Di rumah memang bukan hanya tempat berkumpul bersama keluarga saja. Tetapi menjadi tempat dimana Anda mendulang penghasilan yang beragam. Banyaknya pilihan pekerjaan di rumah sangat cocok untuk Anda para ibu rumah tangga, maupun profesi lain yang sama-sama ingin memperoleh income. Bisnis online rumahan menjadi salah satu contoh dari bidang profesi yang berpeluang besar dalam memberikan penghasilan.

Sudah banyak peluang bisnis yang ditawarkan, beberapa penawaran membuat anda tertarik namun tetap ada keraguan di hati anda. Salah satu yang menggangu pikiran, biasanya adalah modal yang harus diinvestasikan, waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan dan masih banyak lagi yang harus diperhitungkan. Dan biasanya yang terjadi selanjutnya adalah bisnis yang gagal dijalankan.

Tidak perlu patah semangat, di era internet ini banyak pilihan peluang bisnis yang bisa anda jalankan dengan modal relatif ringan dan bisa dikerjakan dirumah. Jual beli online bisa menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan keuntungan.

Berbisnis via online memang sedang hangat dibicarakan bahkan begitu menyita perhatian karena masa pandemik ini tentu harus segala pekerjaan dilakukan didalam rumah. Banyak pihak yang tertarik untuk memulai usaha tersebut. Pilihan bisnis tersebut pun ada beragam dan nantinya dapat dipilih sesuai minat maupun kemampuan. Macam-macam bisnis via online yang dapat dioperasikan di rumah antara lain ialah:

Jenis Usaha Online Rumahan

  • Reseller,

  • Penulis artikel

  • Youtuber

  • Live streaming FB dan youtube

  • Dropship,

  • Blogger,

  • Internet marketer,

  • Jasa SEO

  • Penerjemah online.

Berjualan Pulsa /Paket Internet

Kebutuhan seseorang di jaman yang semakin maju ini tidak lepas dari yang namanya ponsel atau telepon genggam. Hampir setiap orang memiliki ponsel bahkan tidak jarang yang memiliki telepon genggam lebih dari satu buah. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha pulsa. Jika belum memiliki modal yang terlalu besar, dapat memulainya dengan modal kecil terlebih dahulu yaitu sekitar Rp 100 ribu hanya untuk deposit pulsa elektrik. Walaupun Anda sedang tidak berada di rumah untuk melayani pembeli, namun dengan mengirimkan pesan ke nomer Anda, selama Anda masih memiliki saldo untuk mengirimkan pulsa, Anda dapat mengirimkannya dari mana saja. Jika Anda memiliki modal yang lebih besar, Anda dapat membuat etalase untuk menjual voucer pulsa agar lebih mempunyai pembeli secara luas, tidak hanya teman, tetangga, keluarga atau komunitas.

Usaha Kuliner 

Kuliner yang saat ini masih menempati tempat tertinggi untuk prospek bisnis dapat Anda manfaatkan misalnya dengan menjual camilan dan kue. Bisnis sampingan ini dapat Anda maksimalkan ketika memasuki bulan puasa misalnya dengan menjual makanan dan minuman yang dapat dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Jika Anda memilih untuk menjual makanan ringan, Anda dapat membeli camilan dalam jumlah banyak dan kemudian membagi camilan tersebut ke dalam wadah yang lebih kecil dan kemudian dijual ke teman atau ke calon pembeli lainnya.

Anda juga dapat memilih untuk menjual produk milik orang lain. Saat ini banyak makanan ringan yang sudah dikemas ke dalam kemasan tertentu dan menjadi produk yang disukai terutama oleh anak muda dan Anda dapat menjadikannya peluang usaha tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Jika Anda pandai untuk membuat kue, Anda juga dapat membuat kue dan dijual di rumah atau dititipkan di warung yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Pengetikan, Fotokopi, Scan 

Jika Anda berada di dekat perkantoran atau dekat dengan kampus, Anda dapat membuka jasa pengetikan, fotokopi, scan, jilid. Anda dapat menyewa tempat di dekat kampus atau di dekat tempat yang kira-kira membutuhkan jasa tersebut. Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki banyak modal, Anda dapat membukanya di rumah. Walaupun pendapatan yang dihasilkan mungkin tidak seberapa, akan tetapi dari pendapatan tersebut, Anda dapat menabung dan membuat usaha sampingan tersebut menjadi besar dan dapat menjadi pekerjaan utama. 

Toko Online 

Jika Anda memiliki koneksi internet atau mempunyai produk yang dapat dijual, Anda dapat menjualnya lewat internet dengan membangun toko online. Lewat online shop, Anda bisa mengelolanya di rumah dan dimana saja selama Anda memiliki koneksi internet, jadi, Anda tidak perlu takut jika peluang usaha rumahan ini akan mengganggu Anda untuk mengurus rumah dan anak selama Anda mampu untuk membagi waktu. Keuntungannya adalah produk Anda menjadi lebih dikenal oleh khalayak luas dan pendapatan Anda menjadi lebih besar karena penjualan produk yang meningkat.

Fokus bisnis tersebut beragam dan sama-sama tak ada matinya, sehingga dapat diandalkan sedari sekarang hingga nanti. Internet yang kian banyak diakses oleh pihak individu maupun secara kelompok menjadi salah satu alasan utamanya. Akses internet yang lancar menjadi peluang besar sekaligus memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk memperoleh penghasilan di online. Tak jauh berbeda dengan beberapa profesi tersebut, yang tidak memerlukan modal.

Adanya jangkauan internet kian mendukung pelaksanaan bisnis di online yang dapat dihandle di rumah masing-masing. Sehingga di rumah tanpa move ke tempat-tempat lain, Anda bisa meraup keuntungan sekaligus penghasilan yang lebih. Di samping itu, bisnis tersebut juga memberikan benefit lebih, antara lain ialah:

  • Pelaksanaan bisnis yang tidak mengenal background ataupun status pendidikan.
  • Dapat dioperasikan secara fleksibel karena tidak terikat tempat maupun waktu.
  • Tidak membutuhkan banyak modal.
  • Profit yang menjanjikan dan tak terbatas.

Benefit lebih dari operasional bisnis tersebut memang menarik perhatian. Akan tetapi, terdapat beberapa kelemahan yang membuat ketidakberhasilan dalam menekuni profesi tersebut. Beberapa kekurangan itu antara lain ialah:

  • Sinyal internet yang tidak selalu dapat dijangkau di tempat tinggal karena berada di lokasi yang terhalau.
  • Sulitnya mencari supplier bagi profesi reseller dan dropship.
  • Banyaknya pesaing yang menekuni profesi yang sama.
  • Kurangnya media pemasaran yang mendukung, karena tak hanya sekedar internet tapi juga ada pemilihan media yang tepat, seperti ponsel android, komputer, laptop dan lainnya.
  • Terbatasnya strategi pemasaran yang dimiliki.

Sebab-sebab tersebut sering kali ditemui sebagai alasan dimana bisnis online via rumahan yang sukses lebih sulit untuk ditemui. Akan tetapi, beberapa masalah tersebut dapat dihandle dan diakali dengan cara berikut:

  • Pilih jaringan internet yang terdeteksi paling kuat di area tempat tinggal.
  • Lakukan pencarian atas pihak-pihak yang menerima reseller maupun dropship karena ada banyak, tinggal bagaimana Anda memilihnya.
  • Berikan penawaran dengan harga menarik dan memperbaiki kualitas kemampuan.
  • Miliki ponsel pintar maupun laptop atau komputer sebagai penunjang utama.
  • Perluas pemasaran di berbagai media sosial, lakukan strategi pemasaran di situs-situs lain yang menyediakan lowongan pemasaran.

Dalam menjalankan bisnis via online yang dilaksanakan di rumah memang ada banyak opsi. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan peluang baik ini guna menghasilkan income yang tak terbatas. Sekalipun adanya beberapa kelemahan, tetapi ada solusi yang selalu disiapkan dalam memulai dan memaksimalkan perjalanan suatu bisnis. Hingga nantinya ada komitmen yang tinggi untuk mendulang penghasilan yang menjanjikan tanpa harus keluar rumah. Terlebih untuk Anda para ibu rumah tangga yang sibuk dengan urusan rumah tetapi mempunyai banyak waktu luang. Maka pekerjaan tersebut cocok untuk dipilih sebagai salah satu bidang bisnis yang tepat dan dapat diandalkan guna menambah pemasukan uang.

Leave a Comment